Tuesday, May 6, 2014

Sejarah Mobil Dari Waktu Ke Waktu

Kata mobil berasal dari otomobil dari bahasa Yunani ‘autos’ yang artinya”sendiri” dan bahasa Latin ‘movére’ yang artinya bergerak. Mobil  merupakan kendaraan dengan roda empat atau lebih yang menggunakan mesin sendiri. Varian mobil diantaranya adalah bus, van, truk dll. Sejarah mobil pertama kali memanfaatkan tenaga mesin uap diciptakan di penghujung abad 18. Nicolas Joseph Cugnot berhasil melakukan uji coba mobil itu di thn. 1769. Pengembangan kekuatan tenaga mesin uap paling terkenal dibuat di Birmingham, Inggris dari Lunar Society. Di Birmingham pula kendaraan menggunakan bahan bakar bensin pertama kali diciptakan di Inggris di tahun 1896 oleh” the Great Elector” Frederick William Lanchester.
Sementara hak paten mobil pertama di Amerika diberikan untuk Oliver Evans di tahun 1789. Di thn. 1804 Evans berhasil menjalankan mobil pertamanya di Amerika, yang juga sebagai mobil amphibi pertama dimana mobil tenaga uapnya mampu melaju di darat memakai roda dan dalam air memanfaatkan roda pedal.
Sementara itu Nikolaus August Otto merupakan inovator dari Jerman yang di thn. 1876 membuat mesin kendaraan yang mempunyai 4 dorongan pembakaran. Pembakaran di sebelah dalam mesin adalah sebuah hasil kreasi yang cermat dan itu digunakan untuk pemakaian menggerakkan mesin mobil. Tidak sedikit eksperimen yang telah dibuat dalam usaha menciptakan sebuah mobil sebelum Otto membuat mesin mobilnya. Sejumlah penemu semisal Etienne Lenoir (tahun 1862), Siegfried Marcus (tahun 1875) maupun Nicolas Joseph Cugnot (tahun 1769) sukses membuat unit yang dapat bergerak. Namun karena keterbatasan dalam memadukan dari keringanan dan kecepatan, tidak satu pun desain tersebut memiliki nilai praktis untuk dipakai.
Selama kurun waktu 15 tahun semenjak Otto menemukan mesin yang menggunakan 4 dorongan pembakaran, dua pencipta lainnya yaitu Karl Benz serta Gottlieb Daimler, dengan sendiri-sendiri berhasil menciptakan kendaraan yang praktis dan laris di pasaran. Namun yang pasti jutaan mobil pada abad silam 99 persen memanfaatkan mesin yang mempunyai 4 dorongan pembakaran.
Kebanyakan mobil pertama mesin pembakaran dalam yang memakai bensin diciptakan nyaris berbarengan di tahun 1886 oleh penemu Jerman yang melakukan uji coba secara terpisah. Penemu Carl Benz di tanggal 3 Juli 1886 di kota Mannheim, sementara Daimler serta Wilhelm Maybach di kota Stuttgart. Gottlieb Daimler dan Karl Benz sendiri menggunakan mesin yang dibuat Otto untuk merakit mobil mereka sendiri.
Sekian Dari Saya Dan Terima Kasih....

No comments:

Post a Comment