Tuesday, May 6, 2014

Sejarah Sepeda

Sejarah sepeda - Diduga berawal dari negeri Perancis. Negeri tersebut sudah semenjak permulaan abad 18 mempunyai alat transportasi roda dua yang disebut velocipede. Yang jelas, konstruksinya tak memakai besi. Desainnya juga masih jadul. Ada yang mengatakan sepeda ini tanpa adanya engkol dan setang. Ada pula yang mengatakan telah memiliki engkol serta setang, namun bahannya dari kayu.
Seorang warganegara Jerman, Baron Karls Drais von Sauerbronn yang layak dikenang menjadi salah satu modifikator velocipede. Thn. 1818, ia menciptakan moda transportasi roda dua guna membantu kerjanya. Selaku mandor pengawas hutan Baden, dia memang perlu alat transportasi praktis. Namun, desain yang diciptakan kelihatannya tetap mendua, kombinasi sepeda dan kereta kuda. Hingga orang-orang menyebut kreasi Si Baron itu dengan dandy horse.
Tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan, tukang besi asal Skotlandia, menciptakan “mesin” untuk sepeda. Pasti lah bukan mesin sebagaimana sepeda motor, namun lebih serupa pendorong yang dijalankan dengan engkol, menggunakan gerakan turun-naik kaki menggenjot pedal. MacMillan juga telah mengaitkan engkol itu pada tongkat kemudi.
Inventor Perancis, Ernest Michaux di tahun 1855 menciptakan pemberat engkol, sehingga laju sepeda makin terkendali. Kian sempurna sesudah Pierre Lallement juga dari Perancis (1865) meningkatkan kekuatan roda lewat memberikan lingkaran besi (kini terkenal dengan pelek atau velg). Ia pun yang mengenalkan sepeda yang mempunyai roda depan lebih besar dari roda belakang.
Akan tetapi perkembangan paling mencolok tercipta ketika teknologi pengerjaan baja berlubang diciptakan, menyusul makin sempurnanya metode penyambungan besi, juga inovasi penggunaan karet menjadi bahan baku ban. Akan tetapi teknologi peredam kejut (per dsb) belum lah diciptakan, guncangan kerap menjadikan pengendaranya menderita sakit pinggang. Setengah berseloroh, orang-orang menyebut sepeda Lallement dengan boneshaker (pengguncang tulang).
Tren sepeda roda dua kembali mewabah sesudah adanya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris tahun 1885. Pabrik yang dibangun James Starley itu kian menemukan momentum sesudah di thn. 1888 John Dunlop menciptakan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tidak lagi berguncang. Inovasi lainnya, semacam rem, rasio gigi yang dapat distel, rantai, setang yang dapat digerakkan, dll kian menambah pesona sepeda.
Sekian Dulu Dari Saya Dan Terima Kasih.....

No comments:

Post a Comment