Tuesday, May 6, 2014

Sejarah SkateBoard

Tahukah anda bahwa sejarahskateboard diawali pada medio tahun 1940 sampai 1950an saat pemain selancar dari california hendak mencari sesuatu yang dapat ditunggangi kala air laut tak berombak, papan pertama diciptakan menggunakan papan yang ditambahkan ban roller skate. Selanjutnya thn. 1970anFrank Nasworthty menciptakan ban skateboard berbahanployurethan atau sering dinamai Cadillac. Ia berkeinginan supaya orang gemuk pun dapat membeli papan skateboard dan menggunakannya.
Bersama peluncuran ban baru, menjadikan kepopuleran skateboarding menanjak dengan cepat. Sejumlah perusahaan mulai membuat truck atau gandar roda lewat merancang khusus bagi para skater. Produsen mulai melakukan eksperimen dengan menggabungkan material eksotik dan metal , semacam fiberglass dan aluminium.
Kalangan Skateboarders memperoleh manfaat dari papan mereka yang disempurnakan dan mereka dengan segera mengembangkan trik baru. Sejumlah Skater, terutama Bruce Logan, Ty Page, Bobby Piercy, Kevin Reed serta Z-Boys mulai meluncur pada dinding tegak kolam renang yang kosong di saat musim kering di California tahun 1976. Itulah asal muasal tekhnik vert di dunia skateboarding.
Era 80an, dipicu pembuat skateboard yang ditangani para skateboarders. Perhatian semula adalah pada jalur vert yang menjadi trend skateboarding. Adanya trik no hands aerial (ollie) dari Alan Gelfand di Florida tahun 1976 maupun grabbed aerial dari Tony Alva dan George Orton di California, menambah semarak kalangan skater untuk beraksi pada ramp vertical. Lantaran sejumlah orang tak mampu membuat vert ramp atau tak memiliki akses ke ramp, beraksi di jalan jadi pilihan populer. Rodney Mullen seorang Freestyle street membuat sejumlah trik dasar, antara lain trik dasar modern semacam impossible maupun kick-flip.
Dampak freestyle street skating tetap jadi tren sepanjang medio 80an, namun street skating tetap dimainkan pada papan vert lebar menggunakan nose pendek. skateboard pada era tersebut berkembang cepat namun terkendala akomodasi street skating. Masa 90an hingga sekarang skateboarding lebih banyak didominasi street skating. Menggunakan lebar papan 7¼ hingga 8 inci serta panjang 30 – 32 inch. Ukuran roda cukup kecil supaya papan tampak lebih terang, dan supaya roda berotasi lebih cepat, sehingga trik lebih gampang dikerjakan. Nah sekarang sudah paham kan sejarah skateboard dan asal muasalnya.
Sekian Dulu Dari Saya Dan Terima Kasih....

No comments:

Post a Comment